Minggu, 06 Januari 2013

Fluida Statis: Asas Bejana Berhubungan

Fluida Statis: Azas Bejana Berhubungan

Apa yang dimaksud dengan Asas Bejana Berhubungan? Asas bejana berhubungan merupakan suatu peristiwa dimana jika terdapat bejana bejana berhubungan diisi oleh zat cair yang sama dan dalam keadaan setimbang maka tinggi permukaan zat cair pun sama dan bejana terletak pada sebuah bidang datar.


Seperti halnya sebuah teko yang diisi air, meskipun mulut teko yang berbeda bentuk namun permukaan air tetap terlihat mendatar tidak mengikuti bentuk teko itu sendiri.

Kalau begitu, apa yang akan terjadi jika dalam pipa kapiler atau bejana berhubungan tersebut diisi zat cair yang berbeda?

Yang akang terjadi pada zat cair tersebut akan memiliki tinggi permukaan yang berbeda pula, dimana ketinggiannya tergantung dari massa jenis zat cair tersebut. Zat cair dengan massa jenis lebih besar akan berada pada posisi paling bawah dibandingkan dengan zat cair yang memiliki massa jenis lebih kecil.

Misalkan kita campurkan minyak dan air. Dua zat tersebut tidak akan saling bercampur. karena air memiliki massa jenis 1000 kg/m*3 dan lebih besar dari minyak sebesar 800 kg/m*3 maka posisi minyak berada di atas air.

Perhatikan gambar berikut: Pipa U diisi oleh zat cair yang berbeda memiliki ketinggian yang beda.

gambar bejana berhubungan

Persamaan untuk kasus ini, berlaku tekanan hidrostaik. Dimana tekanan pada bejana, tekanan zat cair akan sama pada ketinggian yang sama.

 rumus asas bejana berhubungan

Asas Bejana Berhubungan Tidak Berlaku Disebabkan:
  • Pada bejana diisi oleh zat cair dengan massa jenis berbeda
  • Bejana dalam keadaan tertutup, baik salah satu bejana maupun keduanya.
  • Adanya unsur pipa kapiler pada bejana, yaitu pipa kecil yang memungkinkan air menaiki sisi bejana.
 
Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari:
  • air di dalam teko,
  • alat pengukur kedataran suatu permukaan (water pass)
  • penyaluran air melalui selang pada tempat dengan ketinggian yang sama.
Contoh Soal:

pipa uSebuah bejana berbentuk pipa U berisi air dan zat cair lainnya dengan ketinggian yang berbeda, seperti terlihat pada gambar. Jika massa jenis air 1 gr/cm*3, berapakah massa jenis zat cair yang lain tersebut?


Jawab:
1. 8 = x .10

x = 8/10 = 0,8 gr/cm*3




By: Aim Kazuhiko


Diberdayakan oleh Blogger.
  • Gomuda - Blog Generasi Muda
  • +