Jumat, 05 Juli 2013

7 Karya Daur Ulang Sampah Keren dan Menguntungkan

Guys, seperti yang kita ketahui masalah sampah terutama barang bekas dan sampah plastik menjadi bagian yang masih belum dapat diselesaikan sepenuhnya. Namun kreativitas dan daur ulang bahan bekas serta plastik menjadi salah satu cara tepat untuk mengurangi tumpukan sampah plastik di bumi.

Berikut beberapa ide dan karya daur ulang barang bekas yang sangat inspiratif bahkan berdaya jual yang tentunya menguntungkan.



# 1. Boneka Paus dari Jeans Bekas

sumber gambar: mnn.com
Saat kita melihat boneka paus tersebut sangat terlihat cute alias lucu dan menggemaskan. Tentu saja hal ini dapat menjadikan jeans yang tidak terpakai menjadi lebih berharga salah satunya boneka paus. Selain itu kita bisa menjualnya.

# 2. Tas dari Jeans Bekas

daur ulang pakaian jeans
sumber gambar: mnn.com
Seperti halnya Boneka Ikan Paus, Jeans juga bisa dibuat menjadi tas lucu dan unik seperti gambar diatas. Sangat kreatif dan tentu saja berdaya nilai jual. Membuat tas baru tanpa keluar biaya besar hanya perlu menggunakan jeans yang sudah tak terpakai lagi.

# 3. Speaker dari Koper

speaker dari koper
sumber gambar: mnn.com
daur ulang koper bekas
sumber gambar: mnn.com
Gila keren abis karya daur ulang ini. Speaker dari koper yang fleksibel dapat dibawa dengan pegangan (hanger) dari kopernya. Karya yang sangat menarik serta berdaya jual tinggi ini rasanya patut diacungi jempol. 

Karya mengagumkan ini dijual dari mulai 350 Dollar hingga 800 Dollar. Woww... it's amazing. Cek saja keragaman dari produk ini diwebsitenya curiousprovisions.com.

# 4. SoftCase Ipad/Tablet dari Kain

Ipad Cover
sumber gambar: lilblueboo.com
Softcase Tablet
sumber gambar: lilblueboo.com
yang satu ini, nampaknya bisa jadi hal yang sangat menarik bagi pemilik ipad atau tablet terutama cewe. Ipad Cover atau softcase tablet ini bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah di dapatkan atau dengan menggunakan kain bekas layak pakai.

Untuk mengetahui bagaimana cara pembuatannya cek saja di websitenya lilblueboo.com.

# 5. Tas Simple dari Jaket Hoodie

sumber gambar: mnn.com (klik gambar untuk memperbesar)
Karyda daur ulang dan reuse yang satu ini sangat simple dan tidak perlu repot-repot menjahit ulang. Jaket Hoodie ini bisa dimanfaatkan sebagai tas laptop. Dengan hanya melipatnya seperti gambar di atas tas unik dapat melindungi laptop dan beberapa buku untuk dibawa kuliah atau ngantor.
  
# 6.  Alat Penyiram Air dari Botol Plastik

daur ulang botol plastik
sumber gambar: curbly.com
Botol plastik ini dapat didaur ulang menjadi alat yang sangat fungsional. Botol plastik memang selalu jadi masalah lingkungan namun juga dilema. Daur ulang botol palstik menjadi alat penyiram pekarangan rumah ini tentu memberikan keuntungan besar bagi pemilik rumah saat menyiram halaman rumah tanpa repot-repot mengelilingi pekarangan.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya, cek di website nya curbly.com.

# 7. Rumah Igloo dari Botol Susu Bekas

gambar bola dunia
gambar: mnn.com
Daur ulang botol galon susu menjadi rumah igloo ini dapat meningkatkan kreativitas serta kekompakan anak-anak. Meskipun proses pembuatannya lama namun rumah iglo ini dapat dipakai dalam janga waktu yang lama sebagai tempat bermain rumah-rumahan terlebih dengan desain rumah kutub es nya yang unik.

Bagaimana cara membuatnya, cek video berikut:


So guys, menarik bukan? Sangat inspiratif dan bisa dijadikan sebuah inspirasi dalam mendaur ulang pakaian bekas kita atau botol botol plastik dilingkungan sekitar kita. Mendaur ulang barang bekas atau menggunakannya kembali menjadi sesuatu yang baru dan berdaya guna tentu akan mengurangi sampah dunia yang tentunya mengurangi global warming.

Baca juga artikel 10 ide unik memanfaatkan barang bekas yang dapat ditemukan di rumah dan sekitarnya untuk menjadi karya berdaya guna tinggi, sebagai inspirasi anda.

By: Aim Kazuhiko
Dari berbagai sumber
Diberdayakan oleh Blogger.
  • Gomuda - Blog Generasi Muda
  • +